You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Pura Mekar

Kec. Gedung Surian, Kab. LAMPUNG BARAT, Prov. Lampung
Info

FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) PENDATAAN AWAL REGSOSEK PEKON PURAMEKAR


FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) PENDATAAN AWAL REGSOSEK PEKON PURAMEKAR

Puramekar, Kamis 11 Mei 2023. Telah dilaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Tingkat Pekon yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat di Pekon Puramekar dan dihadiri oleh Peratin Pekon Puramekar, Babinsa dan Babinkantibmas, Seluruh Pemangku Pekon Puramekar serta Tokoh Masyarakat. Bapak Peratin Pekon Puramekar menyampaikan dalam sambutannya “Forum Konsultasi Publik ini merupakan tindak lanjut dari Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) yang telah dilaksanakan pada tahun 2022, salah satu tujuannya adalah menanggulangi kesenjangan-kesenjangan yang ada di Pekon kita, mencocokan data yang ada dipusat dengan keadaan di lapangan. Jangan sampai kedepannya ada data data yang tidak sesuai”.

Ada beberapa kelompok kesejahteraan keluarga dalam FKP:

  1. Sangat miskin adalah kondisi dimana seseorang sangat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari dan membutuhkan bantuan/pertolongan dengan segera untuk keberlangsungan hidupnya. Pada kelompok ini mereka sangat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk makan yang harus dibantu oleh pemerintah atau orang lain dan tidak memeiliki aset berharga seperti kendaraan dan rumah.
  2. Miskin adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari seperti pangan, sandang dan perumahan. Sebagai contoh dalam satu hari hanya mampu memenuhi kebutuhan makan keluarganya untuk satu atau dua kali saja.
  3. Rentan Miskin adalah kondisi dimana seseorang dalam situasi rentan untuk memenuhi kebituhan dasar sehar-hari. Pada kelompok ini, mereka dapat berubah status menjadi miskin ketika ada guncangan tertentu, seperti sakit, kehilangan pekerjaan, atau kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kelompok ini umumnya memiliki aset seperti motor, kulkas atau hewan ternak dalam jumlah terbatas.
  4. Tidak Miskin adalah kondisi dimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari seperti pangan, sandang, dan perumahan secara rutin tanpa kesulitan apapun. Kelompok ini umumnya memiliki kendaraan lebih dari satu seperti motor, mobil, rumah layak huni, hewan ternak dalam jumlah besar dan aset berharga lainnya.
Bagikan artikel ini: