You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Pura Mekar

Kec. Gedung Surian, Kab. LAMPUNG BARAT, Prov. Lampung
Info

RAKOR PEMANFAATAN DATA PENDUDUK DALAM MENDUKUNG PROGRAM SMART VILLAGE


PURAMEKAR. Rabu, 25 Oktober 2023. Pekon Puramekar menghadiri undangan rapar koordinasi (rakor) pemanfaatan data penduduk dalam mendukung program smart village di Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau. Rakor ini dihadiri oleh enam Kecamatan di Kabupaten Lampung Barat.

Smart Village (Desa Cerdas) adalah desa yang mengembangkan pembangunan secara partisipatif, dimana prakarsa berasal dari semua stakeholder, bersifat akuntable, transparan dan inovatif berbasis iptekin dan kearifan local dengan kata lain yaitu konsep pendekatan pembangunan yang mendorong desa untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi dan ditujukan dengan peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif , berkelanjutan melalui peningkatan SDM.

Tiga pilar yang diusung dalam smart village yaitu:

  1. Pemerintahan desa
  2. Ekonomi kreatif
  3. Inkubasi desa

Pada tahun 2023 smart village sudah melaksanakan implementasi system di 2.435 Desa dan integrasi system di 292 Kecamatan.

Diharapkan dari pelaksanaan program smart village ini nantinya akan terwujud desa cerdas berbasis digital, masyarakat cerdas,  keterampilan dan inklusi, lingkungan cerdas, ekonomi cerdas, inovasi produktifitas, dan kesetaraan akses.

@IPS.

Bagikan artikel ini: